SUKA DUKA JADI ANAK RANTAU

Anak rantau adalah anak yang jauh dari orang tua dan biasanya anak kos-kosan (yaelah definisi model apaan). Well, gue anak rantau. Gue asli jambi, tapi sekarang gue kuliah di bukittinggi. Gue dari kelas 2 SMA emang udah kepengen banget buat kuliah ke luar kota. Nyari aman aja yang masih deket, masih di sumatera haha akhirnya alhamdulillah pas pengumuman SNMPTN gue keterima di psikologi Universitas Negeri Padang.

Awalnya gue kira jadi anak rantau itu enak-enak aja, ya iyalah jauh dari orang tua, gue bisa bebas ngelakuin apa aja, ngga ribet disuruh-suruh emak lagi dan gue bisa jadi lebih mandiri. Tapi ternyataaaaaaaaaaa don't like I imagined. Jadi anak rantau itu ngga kayak ekspektasi gue

Pas pertama dateng gue suka, udara bukittinggi dingin (gue berharap gue bisa mutihin badan) tapi sampe sekarang mah gini-gini aja badan gue, eksotis wkwkwk. Disana gue mulai punya banyak temen, gue coba terus buat beradaptasi sama lingkungan sekitar. It's easy to me cciiat cciiaaaaat.

Permasalahan-permasalahan mulai dateng, masalah pertama adalah cuaca karena udara Bukittinggi dingin banget sumvaah (ngga tau ya apa cuma gue yang lebay, soalnya baru pertama sih, orang sana mah biasa aja). Sekedar info, sampe sekarang aja gue tidurnya masih pake kaos kaki. Well, gue sering sakit, gue filek hampir 2 bulan dan gaenaknya jadi anak rantau gue harus nahan sakit sendirian, iya temen sih ada tapi kan mereka juga punya kesibukan paling ngerawat bntar doang. Nah disaat itulah gue kangen emak yang kalo anaknya sakit, beliau stay 24 jam.

Permasalahan kedua adalah bahasa. Jadi, orang-orang sana itu emang sehari-harinya pake bahasa daerah, bahasa minang. Dan yaa kali gue cuma tau vocab bahasa minang itu cuma "indak dan iyo". Kebayangkan gimana begonya gue pas dengerin mereka ngomong, gue manggut-manggut ngga jelas aja, kadang ngikut-ngikut ketawa padahal gue ngga tau letak lucunya dimana.

Permasalahan ketiga yaitu makanan hhmmmm gue ngga bisa masak, bahkan masak nasi sumvaah gue tiap hari beli paling mentok-mentok masak cuma telor dadar doang. Gue ngerasa hidup gue berubah banget, yaa kali biasanya kalo dirumah bangun tidur semua udah ada di meja makan, dan sekarang gue harus cari dan siapin sendiri. Karena gue ngga bisa masak nasi , kadang gue makan nasinya tuu lembek karena kebanyakan aer kadang juga keras karena kedikitan aer. Yaa kadang nyoba masak hasilnya keasinan hambar aneh dan segala macemnya hahahaha tapi apapun rasanya gue harus survive dan gue harus makan sampe kejang-kejang yaelaah miris banget neng neeeeng.

Jujur gue smpet berpikiran buat pulang kampung dan ngulang sb tahun depan. Gue pulang ke jambi satu minggu dan rencananya ngga mau balik lagi. Tapi karena orang tua gue maksa buat balik ke bukit lagi walaupun gue smpet pura-pura sakit ngga mau pulang dan akhirnya ketinggalan bus wkwkwk. Tapi gue tetap pulang. Gue tetep ngelanjutin hidup disana. Gue belajar terus dengan segala keterbatasan dan kemanjaan hidup gue. Alhamdulillah sekarang gue udah jauh lebih berubah (yaelah kek power rangers aja lu), lebih mandiri, lebih tangguh, udah bisa masak (meskipun belum enak-enak amat), udah bisa ngurus hidup sendiri (ceilah udah bisa ngurus hidup orang belom? Nikah aja sana) haha apaansi.

Well, pepatah lama mengatakan "selesaiin apa yang udah kita pilih". Jadi gue disini cuma mencoba bertahan pada pilihan dan akan menyelesaikannya dengan baik cciie doain aja ya (gue bisa cumlaude). Satu hal yang gue inget terus dan bikin gue selalu semangat ngejalanin segala macam penatnya perkuliahan adalah kedua orang tua gue dan perjuangan gue buat nyampe sini.

So, buat kalian yang masih berpikir buat jauh dari orang tua dan ngerantau, lanjutin aja sob. Percaya deh, hidup lo bakalan jadi seru parah. Apapun yang lo rasain, lo rasain aja, gimana pahitnya, gimana susahnya. Apapun keadaannya lo harus syukurin, jangan lupa makan, dan survive.

"Dari ngerantau, kita tau
Kalo rumah dan segala isinya
Itu berarti"


Terimakasih udah baca postingan gue walaupun ngga penting-penting amat. Haha buat lo yang pengen nanya-nanya ke gue masalah hidup dan bertahan hidup di negeri orang silahkan komen yaa, atau mau berbagi pengalaman juga boleh. Daaaa makasiih, see you di postingan gue selanjutnya yaaaaaaa................

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Toxic Relationship: Kasih Sayang dalam Lubang Jebakan

RANDOM FACT ABOUT ME

Selamat ulang tahun, aku.