TENTANG BERSEDIH



Gue cuma mau sharing tentang apa yang gue dapet di seminar ekspresi emosi hari ini, walaupun gue jadi panitia acara yang keteteran sana sini grasak grusuk, at least gue sempet dengerin beberapa bagian materinya. Yang gue inget banget dan selalu muter muter di otak gue tuh tentang ini "tentang bagaimana kita menampilkan emosi atau affect kita yang sebenarnya dan pastinya bijaksana.


Life is never flat. Yap, kadang hidup buat kita seneng banget sampe melambung tinggi, ngga jarang juga buat kita sedih sampe mau jungkir balik. Jadi, gimana cara kita menyikapi perasaan-perasaan tersebut? Si ibu pematerinya Ibu Neny Andriani, S.Psi, M.Psi, Psikolog. bilang kalo orang yang emosinya stabil dan terkendali bukan orang yang ngerasain seneng dan sedih tapi ekpresinya flat-flat aja. Bukan!! So, don't think. 


Kebanyakan kita terjebak oleh stigma masyarakat tentang "kalo udah besar, ngga boleh nangis atau "jadi cowo harus kuat, ngga boleh nangis. Sebenernya ungkapan ini ada benarnya juga, tapiiiiiiiiiiiiii kadang kita salah untuk mengartikannya. Banyak dari kita yang kadang nahan ekspresi dari apa yang kita rasain. Sok kuat dan sok biasa aja.  It's okay  to cry guys it's okaaay. Itu output dari perasaan kita. Bentuk ekspresi kita.


Tapi inget satu hal, "just give your self a space". Just do it. mau nangis silahkan, but sebelum lo nangis "you must make a decision with your self". 


Misal, ketika lo ngerasa sedih, kecewa, muak, ngga tahan lagi. Iya gapapa nangis, tapi sebelumnya lo harus janji sama diri lo sendiri "gue nangis karena ini bentuk ekspresi emosi gue, gue pengen hati gue  ngerasa lebih plong, dan gue janji gue nangisnya cuma sejam ini atau semalaman ini, besok-besok gue harus lebih kuat dan gue gabakal nangis lagi.


Jadi intinya apapun bentuk dari emosi lo, lo harus ekspresiin. You must show your feeling. Entah bahagia, sedih, marah. Lo perlu keluarin semua, jangan sampe di pendem. Tapii masih dalam konteks yang wajar yaaa guys, jangan berlebihan. Sesuatu yang berlebihan tidak baik kan yah hehehe. Dan harus selalu inget, lo harus beri tempat untuk diri lo sendiri.




Salam Bahagia.
Nurul Hikmah

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Toxic Relationship: Kasih Sayang dalam Lubang Jebakan

RANDOM FACT ABOUT ME

Selamat ulang tahun, aku.