MAINAN YANG COCOK UNTUK ANAK



Sebenarnya yang saya  bahas kali ini agak melenceng dari judul sih, tapi agak mengarah ke sana juga

Akhir-akhir ini saya memang sering merhatiin banyak orang tua yang ribet beliin banyak mainan untuk anaknya. Entah itu boneka yang cantik, mobil-mobilan yang keren, robot-robotan, atau yang lainnya.

Saya ngga ekspek si besok kalo  saya  punya anak bakal gimana. yyaah I don't know. Mungkin saya  juga bakalan kayak gitu tapi saya akan berusaha untuk tidak melakukannya wkwk , beli ini itu supaya sang anak seneng, enjoy, ngga rewel  dan ngga ngerepotin (eeh ups nah ini ni sebenernya the important point  yang mau saya bahas)

Hal miris yang bisa saya  tangkap dari jaman sekarang adalah banyak sekali orang tua yang membeli mainan untuk anak supaya si anak bisa happy dan ngga ganggu pekerjaan mereka meski harus merogoh kocek yang gede. Lalu, ada juga orang tua yang rela masang wifi  di rumah atau beli paket unlimited agar si anak enjoy dengan gadgetnya dan orang tuapun bisa fokus dengan pekerjaannya.

but what's the bad effect behind it?

Membahas hal ini saya  jadi teringat dengan apa yang pernah disampaikan oleh salu satu dosen saya. Sapaan hangatnya Pak Uul. Beliau berkata bahwa "sebenarnya anak itu ngga suka-suka amat dibeliin mainan yang lucu ataupun menarik. Karena mainan yang menarik bagi anak adalah "TUBUH ORANG TUANYA SENDIRI".

In the fact, kita juga sering lihat kan? banyak anak yang suka di gendong atau  naik-naik  ke badan orang tuanya. Nah bagus sekali jika si orang tua merespon anak dengan baik ketika seperti itu. But, gimana kalo orang tuanya sedang ada pekerjaan? Kebanyakan orang tua malah merasa kerepotan, merasa tergangu, even marahin si anak lalu mendistract si anak dengan mainan atau gadget. Hey I'ts a bad idea. Biarkan saja, biarkan anak tetap bermain main dengan kita atau menaik-naiki badan kita, karena itu merupakan bagian dari kesenangan mereka serta akan menambah kedekatan orang tua dengan si anak.

Jangan sampai, gara-gara tidak ingin terganggu pekerjaannya, anak jadi ngga deket dan ngga aware sama orang tua. Jangan salahin anak kalo ia lebih milih main mainnan dan gadget, toh kita sendiri yang memulai budaya itu.

Sebagai penutup saya sarankan kepada para orang tua yang sekarang berpikiran kalau mainan atau gadget itu sarana yang ngebantu banget untuk pengasuhan, mulai sekarang coba pikir ulang deh. It's okay si buat beliin anak mainan macem-macem, atau mengajarkan anak gadget sejak dini. Tapi satu hal yang penting banget yang ga boleh dilupain, jangan jadiin sarana tersebut sebagai prioritas utama, prioritasin apapun kegiatan anak sebisa mungkin harus didampingin serta diawasin.

Satu lagi, sesibuk apapun pekerjaan orang tua, mohon disempatkan untuk bisa bermain dengan anak. Apalagi ayah, yang mungkin sibuk banget sama perkerjaannya, mohon sebisa mungkin sempatkan untuk menyapa atau bercengkrama dengan anak, walaupun cuma buat nganterin anak pergi sekolah doang, because it's a gold time yang jangan sampe dilewatin

Terimakasih telah membaca, semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua

Salam bahagia:)

Comments

Popular posts from this blog

Toxic Relationship: Kasih Sayang dalam Lubang Jebakan

RANDOM FACT ABOUT ME

Selamat ulang tahun, aku.